1.1. Latar
Belakang
Perkembangan zaman yang sangat
cepat saat ini tidak dapat dipungkiri lagi. Perkembangan itu secara langsung
harus dibarengi dengan kualitas pendidikan yang baik. Anak-anak usia dini adalah
anak-anak yang harus mendapatkan pendidikan yang membantu dan memandu mereka dalam
menyerap segala pengetahuan yang mereka terima. Rentang usia anak-anak usia
dini, dari 0 s/d 6 tahun, adalah rentang usia yang disebut Golden Age. Dimana pada usia tersebut anak mempunyai otak yang berfungsi
seperti spons, mereka menyerap segala yang mereka terima, dengar, dan lihat
dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, anak-anak usia dini perlu
mendapatkan perhatian yang serius ketika mereka menerima segala pengetahuan
yang ada dan dibutuhkan pendampingan dan pengajaran yang benar dan baik dari
lingkungan sekitar mereka. Hal ini membuat mereka membutuhkan tempat dimana
mereka bisa mendapatkan hak mereka, yaitu pendidikan.
Banyaknya lembaga pendidikan anak
usia dini (PAUD) saat ini tidak berarti bahwa semua anak dipastikan mendapatkan
pendidikan yang layak. Latar belakang ekonomi keluarga berperan besar dalam
keputusan mereka untuk memberikan anak-anak mereka kesempatan belajar dan
bersosialisasi.
Untuk itulah Lembaga Pendidikan
NAKITA berdiri. Masih banyaknya masyarakat yang hidup dengan ekonomi yang
terbatas di sekitar Kelurahan Jangli, Semarang, membuat Lembaga Pendidikan
NAKITA menjadi lembaga pendidikan yang membantu mereka memecahkan masalah
pencarian sekolah yang tidak membebani tetapi tetap berkualitas.
1.2. Tujuan
Lembaga Pendidikan PAUD NAKITA
Lembaga Pendidikan PAUD NAKITA
berdiri dengan tujuan sebagai berikut;
1.
Memfasilitasi pemberian
pendidikan bagi anak-anak yang berasal dari kalangan tidak mampu dengan
pelayanan pendidikan yang bermutu.
2.
Membantu peserta didik
dalam pengembangan sisi kecerdasan, kematangan emosi, dan spiritual sejak usia
dini.
3.
Memberikan lingkungan
yang layak bagi perkembangan jiwa anak.
1.3. Visi
Lembaga Pendidikan PAUD NAKITA
Mewujudkan
pendidikan berkualitas yang ramah, berkarakter,
alamiah, dan nyata (contextual teaching) bagi semua anak dari semua lapisan
masyarakat.
1.4. Misi
Lembaga Pendidikan PAUD NAKITA
Misi dari Lembaga Pendidikan PAUD
NAKITA adalah sebagai berikut;
1.
Menciptakan pendidikan berkualitas
yang ramah, yaitu membuat anak belajar atas inisiatif sendiri atau tanpa
paksaan dengan menumbuhkan keingintahuan mereka.
2.
Menciptakan pendidikan
berkualitas yang berkarakter, yaitu membentuk karakter anak yang tetap
menjunjung nilai-nilai luhur kebudayaan dan kearifan lokal, menghargai sesama dan
menerapkan nilai-nilai ketuhanan berdasarkan agama yang dipeluknya.
3.
Menciptakan pendidikan
berkualitas yang alamiah, yaitu menciptakan pembelajaran dimana anak mengalami,
bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
4.
Menciptakan pendidikan
berkualitas yang nyata (contextual
learning), yaitu guru menghadirkan situasi nyata dan mendorong anak membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar